Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari - hari kira dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar yang menjual barang - barang konsumsi. Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi :
1. Pasar berdasarkan segi fisik, diantaranya :
- Pasar Tradisional
- Pasar Raya
- Pasar Abstrak
- Pasar Konkrit
- Pasar Swalayan
- Pasar Serba Ada
2. Pasar berdasarkan jenis barang yang dijual, diantaranya :
- Pasar Ikan
- Pasar Sayuran
- Pasar Buah
- Pasar Barang Elektronik
- Pasar Barang Perhiasan
- Pasar Bahan Bangunan
- Bursa Efek dan Saham
Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
Struktur Pasar :
Penggolongan produsen ke dalam beberapa bentuk berdasarkan ciri - ciri seperti produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri mudah tidaknya keluar-masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Stuktur Pasar terdiri dari :
1. Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak, dan produk yang dijual bersifat homogen. Adapun ciri - ciri pasar persaingan sempurna adalah :
- Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
- Produk / barang yang dijual serba sama (homogen).
- Konsumen sepenuhnya memenuhi keadaan pasar.
- Tidak ada hambatan untuk keluar / masuk bagi setiap penjual.
- Penjual (produsen) hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan Tidak Sempurna terdiri atas :
- Pasar Monopoli, yaitu pasar yang di dalamnya hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar Oligopoli, yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar Duopoli, yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai hanya oleh dua perusahaan.
- Pasar Persaingan Monopolistik, yaitu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen dan menghasilkan barang serupa, tetapi memilik perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar Monopsoni, yaitu pasar yang di dalamnya hanya terdapat satu pembeli.
- Pasar Oligopsoni, yaitu bentuk pasar yang di dalamnya menjual barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Sumber : id. wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar